Set Default Font di Libre Office

Dari judul diatas, saya yakin para pembaca sekalian sudah sangat mengerti apa yang saya maksudkan, mungkin hal ini bukanlah sesuatu yang hebat. Namun ini hanyalah sebuah tips sederhana yang kadang karena kesederhanaannya menjadi terlupakan dan jarang diingat oleh para pembaca sekalian. Kenapa saya ingin menulis tips sederhana ini ? tidak lain karena ketika ada seorang teman yang meminta saya untuk mengubah default font pada aplikasi libre office miliknya. Sebagaimana kita ketahui biasanya default font yang digunakan adalah Times New Roman atau De Javu Serif. Karena teman saya ini akan menggunakan Libre Office ini untuk keperluan menulis dalam bahasa Arab, maka dia ingin mengubah default fontnya menjadi font Scheherazade.  Setelah mencari – cari akhirnya ketemu juga caranya ( dalam prakteknya saya menggunakan Libre Office 3.3 di BlankOn Pattimura ), berikut ini langkah – langkahnya :

Menu Perkakas ( Tool ) – Opsi ( Option ), maka akan muncul jendela opsi lalu pilihlah menu

Gambar Jendela option libre office

Lalu pada menu sebelah kiri pilihlah Libre Office Writer – Huruf Dasar ( Font Default )

https://asligresik.files.wordpress.com/2011/11/tools-font.png

Sekarang silakan rubah sesuai dengan selera anda, klo milik saya seperti ini

https://asligresik.files.wordpress.com/2011/11/font-default.png

Set Default Font

Sekarang klik OK, lalu restart Libre Office anda, maka akan menampilkan font tersebut sebagai default dar i libre office.

Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat………

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.